Jumat Curhat Kapolsek Padangbai, bahas persiapan Pujawali di Pura Silayukti.

25 October 2024 10:11:28 Wita | 5 views
Gambar

Jumat Curhat Kapolsek Padangbai, bahas persiapan Pujawali di Pura Silayukti. 


Polda Bali – Polres Karangasem – Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai – Jumat,  25 /10 / 2024, Kapolsek Padangbai gelar Jumat Curhat bersama Perangkat Desa Adat dan Dinas Padangbai serta Instansi Terkait membahas persiapan Pujawali di Pura Silayukti Padangbai yg jatuh pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2024 s/d Sabtu 2 November 2024.


Bendesa Adat Padangbai I Made Sudiarta menyampaikan ucapan terimakasih kepada para undangan yang telah hadir dalam kegiatan rapat koordinasi Pujawali di pura Silayukti, pada saat pelaksanaan Pujawali di Pura Silayukti tentunya waga yang beragama hindu yang ada di bali akan melaksanakan persembahyangan di pura silayukti tentunya diperlukan keamanan, kelancaran pada saat pelaksanaan pujawali dipura silayukti. dalam kesempatan ini dimohon kepada panitia, pengayah petugas keamanan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemedek, serta menjaga kesucian Pura silayukti.


Jero Phayangan Desa Padangbai l Komang Sudiarta menyampaikan selaku panitia Pujawali di Pura Silayukti sudah membuatkan dudonan/susunan upacara pujawali diPura Silayukti, nantinya dudonan upacara  akan di kirim ke masing masing banjar untuk di teruskan ke warga banjarnya sehingga pada saat pelaksanaan upacara sudah mengetahui tugasnya masing - masing. untuk keamanan dan kelancaran lalulintas  dalam kesempatan ini kami menyampaikan kepada Kapolsek padangbai bahwa  tempat parkir di Pura Silayukti hanya ada 1 tempat yaitu disebalah pura tanjung sari, mari kita bahas bersama agar tidak terjadi kemacetan, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak ASDP terkait tempat parkir dan juga mohon kepada petugas BBKK Pelabuhan padangbai untuk menyediakan tenaga medis mengantisipasi bila mana ada pemedek yang mengalami sakit.


Penyampaian Pemucuk Pemangku Pura Silayukti agar menjaga kesucian pura Silayukti dengan menjaga kebersihan serta pengawasan kepada pengujung terutama WNA perlu diberikan himbauan dan memasang papan Informasi di depan Pura agar memasuki pura menggunakan adat madya.


Penyampaian Kapolsek Kws Pelabuhan Padangbai Kompol l Nyoman Merta Kariana, S.H., M.H, kami dari kepolisian Polsek Kws Pelabuhan Padangbai intinya mendukung pelaksanaan kegiatan Pujawali di Pura Silayukti, untuk keamanan mohon kerjasama dengan Pecalang untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemedek yang tentunya sangat banyak.


Dengan terbatasnya tempat parkir kami mengharapkan kepada warga yang tinggal di dekat pura tidak membawa kendaraanya ke pura untuk mengurangi kepadatan di tempat parkir. salah satu penyebab kemacetan disebabkan oleh tempat parkir yang tidak mencukupi, kami juga akan menghimbau kepada pengendara agar tidak ada yang  parkir di sepanjang jalan raya pelabuhan Padangbai.


Untuk pelaku pariwisata agar kendaraan Travel pengangkut  WNA ke Dermaga rakyat tidak ada parkir di pura silayukti, kendaraan trevel tersebut diarahkan parkir di Dermaga Pelabuhan Padangbai


( Humas Polsek Padangbai  )