Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Gencar Lakukan Kegiatan Preemtif dan Cooling System

28 October 2024 10:40:34 Wita | 12 views
Gambar

Polda Bali - Polres Gianyar - Polsek Ubud,

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Polsek Ubud Aiptu I Made Widastra semakin aktif menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Desa Binaan, Banjar Tewel, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. 

Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra melaksanakan kegiatan Preemtif dan Cooling System yang bertujuan menciptakan suasana sejuk, damai, dan kondusif di wilayah hukum Polres Gianyar, khususnya Polsek Ubud.

Dalam kunjungannya, Aiptu I Made Widastra menyampaikan pesan dari Kapolsek Ubud, Kompol Gusti Nyoman Sudarsana, S.St., bahwa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan sekitar, termasuk menjelang Pilkada. 

“Kami terus menghimbau masyarakat untuk bersinergi dengan pihak kepolisian, menjaga keamanan bersama, serta menjadikan Pilkada 2024 sebagai momentum persatuan. Pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan dan kerukunan harus tetap menjadi prioritas,” ucapnya, Senin (28/10/2024).

Selain memberikan himbauan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Singakerta juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya tindak pidana C3 (Curat, Curas, dan Curanmor), narkoba, balap liar, bullying, berita hoaks, dan judi online.

Tak hanya itu, sosialisasi terkait tahapan Pilkada 2024 turut dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada, mengurangi angka golput, serta mengedukasi masyarakat agar bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah termakan hoaks terkait Pilkada.

“Giat Preemtif yang kami lakukan ini berfungsi sebagai langkah pencegahan terhadap kejahatan yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat. Kami juga terus berupaya menyerap informasi dan permasalahan yang ada untuk mencari solusi bersama masyarakat,” kata Aiptu Widastra.

Kapolsek Ubud menambahkan bahwa Polsek Ubud dan Polres Gianyar terus membangun sinergitas dengan masyarakat melalui giat Cooling System, sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga suasana kondusif selama tahapan Pilkada 2024 berlangsung. 

“Dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini, kami berharap masyarakat dapat memahami tahapan Pilkada dan turut berperan aktif dalam menyukseskannya,” ujar Kompol Sudarsana.

Selain menjaga ketertiban, upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. 

"Kami berharap masyarakat di wilayah hukum Polsek Ubud dan Polres Gianyar dapat merasakan manfaat dari kehadiran polisi di tengah mereka, sehingga situasi kamtibmas yang sejuk, damai dan kondusif dapat terwujud," harapnya. (dastro)