_*Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan Partisipatif di Kec.Seltim.*_

25 October 2024 16:58:34 Wita | 3 views
Gambar

Polda Bali - Polres Tabanan - Polsek Seltim.


 _*Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan Partisipatif di Kec.Seltim.*_


Pada hari Jumat  tanggal 25 Oktober 2024. Mulai pukul 09.00 wita berlangsung giat Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan Partisipatif di Kec.Seltim, bertempat di " Warung Padi " termasuk Banjar Tegeh, Desa Gadungan, Seltim, Kab.Tabanan.


Adapun yang mengikuti giat tersebut adalah   :*_

1.Desa Mambang

2.Desa Tangguntiti.

3.Desa Tegal Mengkeb.

4.Desa Beraban.

5.Desa Megati.

Dengan jumlah peserta : 25 orang.


*Yang dihadiri oleh :* 

- Anggota Bawaslu Kab.Tabanan : I Made Winarya,ST.

- Ketua Panwascam Seltim : I Made Subagia beserta Anggota.

- Diikuti oleh perwakilan PKK dan Karang Taruna   dari 5 desa yaitu desa Desa Mambang, Desa Tangguntiti, Desa Tegal Mengkeb, Desa Beraban, Desa Megati , sebanyak : 25 orang.


Tujuan utama dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilihan Serentak tahun 2024. Peserta diajak untuk secara proaktif memeriksa apakah wilayah sekitar rumah mereka sudah terdaftar dengan benar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu, mereka diharapkan dapat memberikan informasi kepada Bawaslu mengenai kegiatan masyarakat di lingkungan sekitarnya, sehingga Bawaslu dapat lebih memahami dinamika lokal yang mungkin berpengaruh pada proses Pemilu.

Para peserta juga didorong untuk menjadi mata dan telinga Bawaslu dengan memberikan informasi atau melaporkan dugaan pelanggaran yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar mereka. Dengan demikian, masyarakat dapat turut berperan aktif dalam menjaga integritas dan keadilan.


Selain itu, peserta diharapkan dapat mendeteksi dan melaporkan informasi terkait dengan penyebaran hoaks, ujaran kebencian, serta politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di media sosial agar lingkungan sosial terjaga polarisasi yang dapat memengaruhi proses Pemilu secara negatif. Harapanya, dapat tercipta pemilihan serentak tahun 2024 yang lebih transparan, adil, dan demokratis, serta memberikan ruang bagi setiap suara dapat didengar dan dihargai.


Giat berakhir pukul 14.45 wita. Selama kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.