Patroli Dialogis Satgas Preventif OMP, Ciptakan Suasana Kondusif Jelang Pilkada 2024

18 October 2024 09:05:01 Wita | 14 views
Gambar

Bangli, 18 Oktober 2024 – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Satgas Preventif yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Polres Bangli gencar melaksanakan patroli dialogis. Langkah ini diambil sebagai upaya proaktif untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, serta menciptakan suasana kondusif jelang pelaksanaan pesta demokrasi.


Patroli dialogis yang dilakukan oleh personel Satgas Preventif difokuskan pada pendekatan humanis, di mana anggota kepolisian menyambangi berbagai lapisan masyarakat, termasuk di wilayah perkampungan, pasar, dan pusat-pusat keramaian lainnya. Melalui kegiatan ini, Satgas bertujuan untuk memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga situasi aman selama proses Pilkada berlangsung serta menampung aspirasi maupun kekhawatiran warga.


Kasi Humas Polres Bangli AKP I Wayan Sarta selaku Kasatgas Humas dalam keterangannya, menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memastikan situasi tetap kondusif dan masyarakat merasa aman serta terlindungi. "Kami hadir tidak hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga untuk menjalin komunikasi yang baik dengan warga. Melalui patroli dialogis ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam Pilkada tanpa rasa takut atau khawatir," ujarnya.


Di samping memberikan imbauan untuk menjaga persatuan dan menghindari provokasi, personel Satgas Preventif juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi berita bohong (hoaks) yang berpotensi memecah belah. "Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi yang beredar, terutama di media sosial. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya," tambahnya


Sejumlah warga yang ditemui menyambut baik kegiatan patroli dialogis ini. Mereka merasa kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat memberikan rasa aman dan nyaman. "Dengan adanya patroli seperti ini, kami merasa lebih tenang, dan juga kami jadi lebih paham tentang apa yang harus dilakukan untuk menjaga lingkungan kami tetap aman," ungkap salah satu warga.


Patroli dialogis ini akan terus dilakukan secara intensif hingga masa Pilkada selesai. Polres Bangli berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi Pilkada 2024 dengan penuh kedamaian dan kebersamaan.