Kapolres Karangasem Ikuti Gelar Operasional TW III 2024 di Polda Bali

24 October 2024 21:36:56 Wita | 3 views
Gambar

KARANGASEM - Bertempat di Gedung Rupatama Polda Bali, Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., menghadiri Gelar Operasional (GO) untuk membandingkan capaian Triwulan III (Juli s.d September) 2024 dengan Triwulan II (April s.d Juni) 2024. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Bali IRJEN POL Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K, M.SI., didampingi Waka Polda Bali BRIGJEN POL I Komang Sandi Arsana, S.I.K.,M.H., sedangkan jajaran Polres Karangasem melalui Zoom Meeting dari Aula Dira Berata Polres Karangasem. Kamis (24/10)


Dalam sambutannya, Kapolda Bali menyoroti berbagai isu krusial termasuk permasalahan internal dan eksternal kepolisian. Beliau menekankan pentingnya penanganan kasus yang melibatkan anggota kepolisian, terutama yang terkait narkoba, yang dapat mencoreng citra institusi. Perhatian khusus juga diberikan pada penanganan kasus-kasus adat yang memerlukan penyelesaian segera.


Terkait agenda ke depan, Kapolda menyampaikan pentingnya kesiapan menghadapi Pilkada serta event-event bertaraf internasional seperti konser Michael Learn To Rock dan Bali Democracy Forum (BDF). Di akhir sambutannya, Kapolda berbagi filosofi bahwa kunci kesuksesan dalam bertugas adalah mencintai sepenuh hati pekerjaan yang dilakukan.


Waka Polda Bali dalam arahannya menekankan pentingnya pemantauan media sosial dan pelaporan situasi harian. Beliau juga mendorong kolaborasi antara Dir Cyber dan Dir Intel dalam pendataan anatomi kejahatan di setiap wilayah. Perhatian khusus diberikan pada pengawasan anggota di lapangan dan pelaksanaan patroli yang bertanggung jawab.


Dir Intelkam Polda Bali, KOMBES POL Muhammad Ridwan, S.I.K., M.M., dalam paparannya mengungkapkan situasi terkini di berbagai bidang. Dalam bidang politik, telah dilakukan profiling terhadap pasangan calon dan pemantauan terhadap potensi pelanggaran kampanye. Di bidang ekonomi, perhatian diberikan pada distribusi Gas LPG dan rencana pembangunan Tol Badung-Tabanan-Negara. Sementara di bidang sosial budaya, berbagai unjuk rasa dan konflik adat mendapat perhatian khusus.


Kapolres Karangasem dalam laporannya menyampaikan adanya potensi konflik sosial di wilayah hukumnya, dengan penekanan khusus pada situasi di desa adat Bugbug. Keberhasilan pengamanan Upacara Aci Gumang mendapat apresiasi dari berbagai pihak yang sebelumnya berseteru.


Menutup kegiatan, Kapolda Bali memberikan penekanan pada peningkatan kinerja organisasi melalui penguatan deteksi, upaya pre-emtif, preventif, dan represif yang harus dilakukan secara sinergis dan berkesinambungan. Beliau juga menekankan pentingnya membangun budaya melayani dengan menampilkan sikap empati, merespon cepat setiap laporan, dan menjunjung tinggi profesionalisme.


Optimalisasi manajemen media dan pengawasan melekat dari setiap pemimpin kepada bawahannya juga menjadi poin penting yang disampaikan. Kapolda mengakhiri dengan himbauan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan kerjasama antar instansi dalam mendukung pelaksanaan tugas kepolisian.