"Kapolres Karangasem dan Instansi Terkait Matangkan Pengamanan Karya Pura Pasar Agung"

25 October 2024 22:24:53 Wita | 3 views
Gambar

KARANGASEM - Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P. hadiri Rapat Koordinasi persiapan pengamanan pelaksanaan Karya Tabuh Gentuh dan Karya Pujawali Purnama Kelima Tahun 2024 di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir Desa Sebudi. Rapat yang digelar di Aula Kantor Camat Selat pada Jumat (25/10) ini dihadiri jajaran Polres Karangasem termasuk Kabag Ops, Kasat Lantas, serta Kapolsek Rendang, Selat, Sidemen dan Bebandem.


Hadir dalam rapat koordinasi tersebut berbagai pemangku kepentingan termasuk Danramil 1623-06/Selat Kapten Inf Marjuli, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Karangasem Drs. I Wayan Sutapa, M.Si., Camat Selat I Ketut Riatma, S.E., M.A.P, perwakilan dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP Karangasem, serta Ketua Panitia Karya Pura Pasar Agung Jro Mangku Wayan Sukra dan Ketua MDA Kec. Selat I Komang Sujana, S.Ag.


Dalam paparannya, Jro Mangku Wayan Sukra menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan karya akan dilaksanakan pada Bulan November 2024 dan memohon dukungan dari seluruh pihak terkait. Camat Selat dalam sambutannya menegaskan dukungannya terhadap pelaksanaan karya tersebut.


Kapolres Karangasem dalam arahannya menyoroti beberapa aspek penting pengamanan, terutama mengenai pengelolaan area parkir yang terbatas. Beliau menginstruksikan Kasat Lantas dan Kapolsek Selat untuk melakukan peninjauan ulang lokasi. Pengamanan akan difokuskan di areal Pawongan dengan pelibatan personel yang akan dimaksimalkan.


Kabag Ops menekankan pentingnya kesatuan komando dalam pelaksanaan pengamanan, sementara Kapolsek Selat menjelaskan rencana teknis termasuk jalur evakuasi yang akan diarahkan ke BD. Sebun - Sukaluwih. Untuk pengelolaan parkir, akan disediakan parkir VIP di area atas, sedangkan kendaraan lainnya akan diarahkan ke badan jalan dengan pengawasan petugas. Setiap pos akan dijaga oleh satu petugas Polri dan 3-5 pecalang.


Dinas Perhubungan menyatakan kesiapan memberikan dukungan dengan 30 personil serta perlengkapan water barrier dan traffic cone. Dinas Kesehatan akan mendirikan dua pos kesehatan di area parkir VIP dan Jaba Pura Pasar Agung. Satpol PP Karangasem juga siap mendukung dengan mengerahkan 35 personil.


Rapat koordinasi menghasilkan kesepakatan bahwa pelaksanaan pengamanan akan diatur dalam satu komando untuk memaksimalkan efektivitas. Seluruh instansi terkait menyatakan kesiapannya mendukung rencana pengamanan yang telah dipaparkan oleh Kapolres Karangasem.


"Sinergitas antar instansi ini sangat penting untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan karya," tegas Kapolres Karangasem mengakhiri rapat koordinasi tersebut.