Bhabinkamtibmas Desa Tirtasari Gelar Pengamanan Kegiatan Sosialisasi Pengadegan Bendesa Adat di Banjar Adat Bencingah

21 October 2024 12:15:08 Wita | 32 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Bhabinkamtibmas Desa Tirtasari Polsek Banjar Aiptu Ketut Wijana berkolaborasi dengan anggota Linmas melaksanakan pengamanan kegiatan Sosialisasi Pengadegan Bendesa Adat Tirtasari Kecamatan Banjar, Minggu petang (20/10/2024).


Sosialisasi terkait dengan kegiatan Pengadegan Bendesa Adat Tirtasari dilakukan oleh Panitia Pengadegan bertempat di balai Banjar Adat Bencingah Desa Adat Tirtasari Kecamatan Banjar.


Bhabinkamtibmas Desa Tirtasari Aiptu Ketut Wijana  mengungkapkan sosialisasi yang diberikan meliputi Penjaringan bakal calon dan tata cara Pengadegan seperti yang diatur dalam peraturan daerah (perda) Propinsi Bali no. 4 thn 2019 tentang Desa Adat.


"Untuk system Pengadegan Bendesa Adat tidak melalui sistem pemungutan suara atau pencoblosan melainkan melalui paruman atau musyawarah mufakat dari para kerama desa," ungkapnya.


Menurut Aiptu Ketut Wijana kegiatan sosialisasi sangat penting sebelum pelaksanaan Pengadegan Bendesa Adat karena disamping untuk menjaring bakal calon, sosialisasi ini juga juga akan memberikan pemahaman kepada setiap warga atau kerama Desa Adat Tirtasari tentang tatacara Pengadegan.


"Sosialisasi akan terus dilakukan oleh panitia kepada seluruh kerama di masing masing Banjar Adat di wewidangan Desa Adat Tirtasari", pungkasnya.