Polres Karangasem Gelar Ngayah Mereresik di Pura Pasar Agung Jelang Karya Nubung Daging

27 October 2024 00:45:00 Wita | 5 views
Gambar

KARANGASEM - Menunjukkan kepedulian dan partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan, jajaran Polres Karangasem melaksanakan kegiatan Ngayah Mereresik (bakti sosial) di areal Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Sabtu (26/10/2024). Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Selat AKP I Dewa Gede Ariana, S.H. ini merupakan rangkaian persiapan menjelang Karya Nubung Daging Taur Tabuh Gentuh dan Nawakertih.


Sebelum memulai kegiatan, seluruh peserta melaksanakan apel pengecekan yang dipimpin Wakapolsek Selat IPDA I Komang Sudiarta. Dalam arahannya, beliau menyampaikan teknis pelaksanaan kegiatan ngayah. Selanjutnya, seluruh peserta melakukan persembahyangan bersama di Pura Penataran Pasar Agung.


"Kegiatan ngayah ini merupakan wujud nyata bhakti kepolisian kepada masyarakat sekaligus partisipasi dalam menjaga kesucian dan kebersihan tempat suci," ungkap AKP I Dewa Gede Ariana.


Sebanyak 47 personel Polres Karangasem bersama Ibu-ibu Bhayangkari dari Ranting Selat, Sidemen, Rendang, dan Bandem turun langsung membersihkan berbagai area pura. Kegiatan dimulai dari area parkir, dilanjutkan ke halaman Pura, areal Pura Melanting, Bale Pesandekan, hingga Penataran Pura Pasar Agung. Para personel juga membantu menghias penjor dan membersihkan area Posko Pengamanan.


Bendesa Adat Sogra selaku Manggala Karya, Jro Mangku Wayan Sukra, menyambut baik kegiatan ini. "Kami sangat mengapresiasi kepedulian Polres Karangasem. Kegiatan ngayah ini sangat membantu persiapan karya yang akan dilaksanakan," ujarnya.


Ketua Forum Perbekel Se-Kecamatan Selat, I Wayan Bawa, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan bahwa kerja sama antara kepolisian dan masyarakat dalam kegiatan keagamaan seperti ini dapat memperkuat hubungan antara aparat dan warga.


Ketua Bhayangkari Ranting Selat beserta pengurus juga turut aktif dalam kegiatan ini, menunjukkan bahwa semangat gotong royong tidak hanya datang dari personel kepolisian, tetapi juga dari keluarga besar Polri.


"Melalui kegiatan ngayah ini, kami berharap dapat memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesucian tempat ibadah, sekaligus mempererat tali persaudaraan dengan warga setempat," tutup AKP I Dewa Gede Ariana.