Polres Badung Kerahkan Ratusan Personel Amankan Debat Publik Pertama Pilkada Badung.

26 October 2024 10:45:57 Wita | 3 views
Gambar

Polres Badung Kerahkan Ratusan Personel Amankan Debat Publik Pertama Pilkada Badung.




Mangupura - Sebanyak 191 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan debat publik perdana antar kedua pasangan calon (paslon) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Badung 2024 yang  diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Badung. Acara pengamanan debat kedua paslon berlokasi di The Trans Hotel Bali, Jl. Sunset Road, Kel. Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung. Jumat (25/10/24) dibawah kendali langsung Kabag Ops Polres Badung Kompol I Gede Suarmawa, SH., selaku Karendal Ops dalam Operasi Mantap Praja Agung 2024 dengan tujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya acara Debat perdana Pilkada Badung 2024 yang   diawali dengan apel kesiapan pengamanan dilokasi.


Personel gabungan berasal dari beberapa instansi, di antaranya Polres Badung yang tergabung dalam satgas OMP Agung 2024, Kodim 1611 Badung, Anggota Satuan Brimob Polda Bali, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Badung. Pengamanan ini difokuskan di The Trans Hotel Bali yang dibagi dalam tiga lapisan atau ring. Ring 1 akan bertugas di dalam area debat, mengawasi langsung jalannya kegiatan. Ring 2 ditempatkan di sekitar lobi dan pintu masuk The Trans Hotel Bali. Sementara Ring 3 mengamankan area terluar, termasuk pintu-pintu masuk kawasan gedung hingga kantong-kantong parkir.


“Dalam rangka pengamanan debat pertama Pilkada Kabupaten Badung 2024, kami mengerahkan sekitar 191 personel gabungan dari beberapa instansi yang ditempatkan di berbagai titik strategis di sekitar Gedung The Trans Hotel Bali, penjagaan difokuskan di pintu masuk dan area lobi, terutama untuk mengantisipasi massa pendukung pasangan calon. Kami juga memberikan pengawalan khusus dari masing-masing kediaman paslon hingga lokasi debat ," ungkap Kompol Suarmawa saat dikonfirmasi.


Debat publik ini merupakan bagian penting dari tahapan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Badung 2024, di mana pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 SuyaDinata dan Nomor Urut 2 AdiCipta memaparkan visi dan misi mereka di hadapan masyarakat dan para pendukungnya.


Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, SIK., Selaku Ka Ops Res melalui Kabag Ops Polres Badung Kompol I Gede Suarmawa, SH., selaku Karendal Ops menyampaikan bahwa Polres Badung telah mempersiapkan pengamanan secara optimal untuk menjaga situasi tetap kondusif. 


“Kami berkomitmen untuk memberikan keamanan maksimal guna mendukung jalannya debat publik yang baik dan transparan serta diingatkan kembali Netralitas anggota Polri betul-benar dilaksanakan, jangan ada yang melakukan tindakan-tidakan yang dapat dianggap keberpihakan kesalah satu paslon baik itu foto bersama dan komentar di media sosial terkait dengan Pilkada,” ungkapnya.


Masyarakat simpatisan diharapkan dapat terus menjaga ketertiban dan kedamaian selama masa kampanye ini hingga pelaksanaan Pilkada, demi terciptanya suasana demokrasi yang aman dan damai. "imbuhnya. (hms)